Wakil Bupati Nunukan Buka Pesta Siaga Wilayah Sebatik Kwartir Cabang Nunukan

0
49

Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, SE, M.Si membuka pesta siaga wilayah sebatik kwartir cabang Gerakan Pramuka Nunukan Tahun 2022, kegiatan digelar di SMPN 1 Sebatik Utara, Sabtu (19/3/2022). Tujuan dari PESTA SIAGA Tahun 2022 secara umum adalah sebagai wahana pertemuan para pramuka siaga, yang berisi acara kegiatan bersama antara perindukan siaga,mulai gugus depan menuju pesta siaga tingkat Kwarcab.
Untuk mengikuti kegiatan Pesta Siaga anggota Pramuka harus memiliki umur antara 7 sampai 10 tahun (sesuai penggolongan usia Siaga), pada kegiatan tersebut juga menjadi wadah bagi Anggota Pramuka Siaga untuk mengisi poin-poin SKU, kegiatan Pesta Siaga akan memberikan pengalaman baru kepada setiap anggota Pramuka Siaga yang mengikutinya.
Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, SE, M.Si dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini sangatlah penting dalam membina karakter anak bangsa menuju yang lebih baik.
Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka memiliki kepribadian yang beriman,bertakwa,berakhlak mulia,berjiwa patriotik,taat hukum,disiplin,menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa,berkecakapan hidup setia dan patuh kepada NKRI serta menjadi masyarakat yang baik dan berguna.
“Organisasi yang masih tetap solid dan memiliki komitmen dalam membina generasi muda dan anak-anak didik kita adalah organisasi Pramuka, ini adalah sesuatu yang sangat penting bagi kita semua, tanpa tambahan ekstrakurikuler kepramukaan disekolah, saya yakin anak-anak kita tidak akan mendapatkan bimbingan-bimbingan lainnya,”kata Wakil Bupati Hanafiah.
Wakil Bupati Hanafiah berpesan, gerakan Pramuka merupakan bentuk pendidikan non formal bagi peserta didik, Pendidikan Pramuka umumnya dapat terlaksana selain pendidikan dari keluarga dan lingkungan sekolah, dapat menjadi penunjang pendidikan yang ada pada sekolah dan lingkungan keluarga, bentuk kegiatan pendidikan yang ada pada kepramukaan antara lain disiplin, pembentukan watak, persaudaraan, keterampilan, dan juga bakti terhadap masyarakat.
“Di Pramuka sejak dini sudah dididik anak-anak kita untuk berlatih disiplin memiliki jiwa kompetitor, memiliki jiwa kejujuran, ini adalah modal dasar bagi kita untuk menyiapkan mereka dalam rangka mengarungi kehidupan di masa depan ke arah yang lebih baik,” lanjut Hanafiah.
Menurutnya dalam pesta siaga kegiatan yang rekreatif, riang gembira, dan bersenang-senang menjadi ciri khasnya golongan siaga, untuk itu wbup H. Hanafiah berikan motivasi kepada peserta didik dalam kegiatan ini untuk berikan keceriaan saat mereka terlihat sedih, berikan motivasi ketika mereka akan menyerah, menuntun menjadi siaga yang cerdas terampil dan ceria, bukan semata untuk mencari kemenangan dalam kegiatan perlombaan, namun mengajarkan dan mendidik menjadi pribadi berdharma Pramuka.
Pesta Siaga yang mengusung Tema “Sehat, Cerdas, Ceria” ini diikuti oleh 30 Barung (15 Barung putra, 15 Barung putri), 1 Barung 8 orang, dari 15 SD/MI se pulau Sebatik, dengan total peserta 240 orang dan 30 pembina damping dari masing-masing sekolah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here