Wagub Hadiri Mubes XI Pebekat Tawai Bakung

0
25

TANJUNG SELOR – Wakil Gubernur Kaltara Dr Yansen TP, M.Si merasa bersyukur hadir di tengah masyarakat suku Dayak Kenyah Bakung. Hal ini diungkapkannya saat memberikan sambutan sekaligus arahan pada kegiatan Musyawarah Besar (Mubes) ke-XI Pebekat Tawai Bakung Tahun 2022, Senin (18/7).

 

Ia mengungkapkan sangat memperhatikan budaya adat istiadat kedaerahan. Di hadapan tamu undangan ia menjelaskan penampilan kesenian budaya yang ditampilkan pada acara tersebut merupakan identitas kedaerahan.

 

“Ini memperkaya khazanah kita, itu baru satu sisi, masih banyak budaya adat Dayak Kenyah Bakung yang lainnya,” ungkapnya.

 

Ia pun memuji kegigihan masyarakat suku Bakung dalam segala upaya dan usahanya untuk maju. Bawa’ dan nengayet yang berarti semangat menjadi kata-kata yang diingat Wagub.

 

Ia meyakini kelak masyarakat Dayak Kenyah Bakung akan menjadi bagian dalam pembangunan yang lebih luas apalagi saat ini dengan keberadaan KIPI dan Green Park Industry di Bumi Benuanta.

 

“Saya berharap, dari Mubes ini akan semakin mendewasakan kita. Semangatnya tidak hanya saat mubes berlangsung, tapi di Mubes selanjutnya semangatnya masih sama,” imbuhnya.

 

Ia juga mengharapkan melalui mubes yang berlangsung selama lima hari kedepan mulai tanggal 18-22 Juli 2022 di Desa Long Bang ini, dapat membentuk pengurus-pengurus yang sungguh-sungguh memperhatikan dan mengembangkan budaya Kenyah Bakung.

 

“Jangan kecilkan warna budaya kita. Harus kita warnai semakin lebih baik. Tersusun program kerja yang kelak akan dapat memberikan dampak yang positf bagi seluruh kalangan,” katanya.

 

Baginya pembangunan tersebut tidak dapat terwujud maksimal bila hanya dilakukan pemerintah saja. Perlu adanya sinergitas dengan berbagai pihak, termasuk gagasan positif dari para tokoh adat Dayak Kenyah Bakung.

 

 

“Ini membuktikan bahwa kita hidup bersaudara di tanah Kalimantan, dan kita sama-sama berjuang untuk Kalimantan,” jelasnya.

 

 

Pembukaan Mubes ke-XI Pebekat Tawai Bakung Kalimantan 2022 resmi dibuka dengan ditandai pemukulan gong oleh Wagub. Turut mendampingi Wagub dalam acara ini istri Ping Yansen yang juga menjabat Ketua DPRD Malinau, Bupati Bulungan Syarwani, S.Pd., M.Si, Wakil Bupati Bulungan Ingkong Ala, S.E., M.Si, Forkopimda, kepala OPD/ instansi terkait di lingkungan Pemrov Kaltara dan Pemda Bulungan. (dkisp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here