Disambut Bupati Diantar Wabup, Harmoni Kebersamaan di Kunjungan Kapolda Kaltara ke Nunukan

0
53

Suasana kebersamaan begitu terasa saat Kapolda Kaltara Irjen Daniel Adityajaya, S.I.K. bersama istri dan rombongan melakukan kunjungan perdananya ke Nunukan.
Sesaat setelah Speed Boat Polda Kaltara Kayan 1 yang membawa rombongan lempar tali untuk bersandar di Pelabuhan PLBL Liem Hie Djung Nunukan, Kamis (24/02), Kapolda Daniel Adityajaya disambut langsung oleh Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid bersama unsur Forkopimda di Mapolres Nunukan dengan prosesi tepung tawar sebagai tanda ucapan selamat datang.
Prosesi upacara tepung tawar adalah adat dan tradisi suku Tidung yang berlaku yang erlaku hingga saat ini sebagai ucapan penyambutan selamat datang bagi orang atau tamu yang baru menginjakkan kaki di Nunukan,.
Seusai prosesi penyambutan acara dan lanjutkan dengan kunjungan ke beberapa titik di pulau Sebatik dan melakukan kegiatan internal di Mapolres Nunukan.
Di malam harinya, silaturahmi dilanjutkan dengan Forkopimda dan tokoh – tokoh masyarakat dalam acara ramah tamah. Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid kembali hadir.
Bupati Laura diawal sambutannya mengucapkan selamat datang di kabupaten Nunukan kepada Kapolda beserta Istri dan rombongan.
“Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan kami mengucapkan selamat datang kepada Bapak Kapolda beserta Ibu dan seluruh rombongan, mudah – mudahan kedatangan Bapak Kapolda di Kabupaten Nunukan ini semakin mempererat lagi silaturahmi dan kerjasama kita, antara Pemerintah Daerah Kabupaten Nunukan dengan Kepolisian Kalimantan Utara Khususnya di Polres Nunukan”, kata Laura.
Dalam kesempatan ini Bupati menyampaikan bahwa kondisi kabupaten Nunukan terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu.
“Betul apa yang di katakan Bapak Kapolda, banyaknya perubahan yang terjadi di wilayah kabupaten Nunukan, Alhamdulillah seperti itulah dinamika Pembangunan di kabupaten Nunukan.. Kabupaten Nunukan adalah salah satu wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga yaitu Malaysia dan Sarawak yang memiliki 21 Kecamatan, 232 Desa, 8 kelurahan, jumlah penduduk dari data Mendagri yang terakhir sekitar 195 ribu jiwa,” papar Bupati.
Laura juga menyampaikan ucapan syukurnya karena selama menjalankan roda pemerintahan bisa berkolaborasi dengan segenap Forkopimda.
” Alhamdulillah selama menjalankan roda pemerintahan kita tak henti-hentinya berkolaborasi dengan seluruh Forkopimda dan seluruh sektor yang ada terkait dengan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing.. Semoga dengan kunjungan Bapak Kapolda di Kabupaten Nunukan dapat semakin mempererat kerjasama antara Pemda dan Kepolisian khusus nya dalam rangka pembangunan dan Kamtibmas di Kabupaten Nunukan.”ujar Laura.
Dalam kesempatannya, Irjen Pol Daniel Adityajaya, S.I.K. menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah kabupaten Nunukan atas sambutan yang hangat dan penuh dengan keakraban,
Pria yang baru dilantik sebagai Kapolda Kaltara pada 24 Januari lalu ini menjelaskan bahwa kunjungan kerjanya saat Ini tak lain sebagai ajang menjalin tali silaturahmi dengan Pemda Nunukan.
Selain itu, Kapolda juga ingin melihat langsung dan mengenal Polres dan Polsek yang berada di perbatasan, dan mengecek berjalannya fungsi Kepolisian dan kamtibmas di wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia.
Usai acara ramah tamah, ternyata aura kebersamaan belumlah berakhir, di saat pengantara n kepulangan rombongan Kapolda, pada Jumat (25/02) Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah hadir mengantar di Pelabuhan PLBL Lim Hie Djung.
Setelah menerima arahan Bupati untuk mengantar Kapolda, Wabup H. Hanafiah memilih untuk melakukan sholat Jumat di masjid yang berada di seputaran Pelabuhan dengan harapan bisa lebih cepat tiba di pelabuha n seusai sholat jumat.
Kapolda kaltara yang terlebih dahulu tiba di Pelabuhan Liem Hie Djung- pun tidak lantas menuju dermaga dimana Speedboat Polda Kayan 1 telah bersiap. Irjen Pol Daniel Adityajaya, S.I.K l bersama rombongan didampingi Kapolres Nunukan AKBP Ricky Hadiyanto beseta jajaran lebih memilih untuk singgah terlebih dahulu di ruang tarnsit. Pria beragama Nasrani ini memilih untuk menunggu Wabup H. Hanafiah yaang akan datang mengantarnya seusai ibadah sholat jumatnya.
Melihat cuplikan cuplikan gambar kegiatan demi kegiatan singkat ini, teduh rasa hati ini melihat para pemimpin tampak saling menghargai, menghormati dan saling memberikan respek satu dengan yang lain dalam bingkai kebersamaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here